Menu Berbuka Puasa Di Berbagai Negara

Ketika adzan maghrib berkumandang itulah saat-saat yang ditunggu oleh umat muslim yang berpuasa untuk melaksanakan ibadah selanjutnya yaitu berbuka puasa. Tahukah anda menu apa saja yang bisa kita dapatkan untuk berbuka puasa? Yak betul! Es teh atau teh anget lah yang rata-rata kita minum untuk buka puasa.


Ketika anda menikmati es teh untuk berbuka puasa 
pernahkah anda membayangkan menu apa saja yang biasa dihidangkan untuk berbuka puasa di belahan dunia lainnya?
Berikut ini adalah menu berbuka puasa di berbagai negara.

Turki


Sebagai salah satu negara yang memiliki mayoritas penduduk yang beragama Islam, bulan Ramadhan tentu menjadi momen khusus bagi warga Turki. Di kota-kota besar seperti Istanbul, hampir semua restoran dan rumah makan memberikan penawaran khusus selama bulan Ramadan. Nah, biasanya tajil yang disajikan restoran maupun rumah-rumah tangga adalah set menu sup iftariye, roti pide (roti panggang yang memang hanya dijual selama Ramadan), pastirma, sujuk serta ragam kue yang disebut börek. Selain itu, Turki juga punya menu pencuci mulut populer yang disebut güllaç yang terbuat dari air mawar.

Lebanon


Lebanon juga punya banyak menu khas berbuka puasa. Beberapa diantaranya yang terkenal adalah salad mezze yang menggunakan kacang kering, houmous (saus untuk dimakan bersama menu lainnya) serta berbagai macam daging panggang. Ada juga menu populer lain seperti falafel, yang menyerupai kroket. Meskipun makanan ini diyakini berasal dari Mesir, tapi kini sudah terkenal di berbagai negara Timur Tengah dan menjadi menu yang sangat digemari.

Yordania


Masyarakat Yordania punya menu khas berbuka puasa seperti mansaf dan qatayef. Mansaf adalah hidangan khas Yordania berupa daging domba dibumbui rempah-rempah. Sedangka qatayef adalah makanan yang menyerupai pancake dengan kayu manis diisi kenari dan gula. Untuk melengkapi kelezatan qatayef, biasanya warga Yordania akan menambahkan sirup madu.

Mesir


Hampir semua umat Muslim di Mesir terbiasa berbuka puasa dengan medames, yaitu hidangan berupa kacang tumbuk yang dimasak dan disajikan dengan parsley, bawang putih, bawang bombay serta jus lemon. Biasanya, hidangan lengkap medames juga menyertakan telur rebus. Hidangan lain yang juga ‘wajib’ ada di Mesir adalah molokheya, yang terdiri dari ayam dan nasi.

India



Meskipun didominasi oleh umat Hindu, bulan Ramadan termasuk istimewa di India, karena negara ini memiliki populasi umat Muslim lebih dari 100 juta jiwa. Beberapa daerah yang memiliki penduduk Muslim dalam jumlah besar adalah Hyderabad. Di sini, warga setempat biasa menikmati makanan khas yang disebut Hyderabad Haleem. Ini adalah hidangan yang menyerupai bubur gandum tradisional dan memiliki rasa pedas dan gurih, biasanya disajikan dengna daging domba.

Pakistan


Berbuka puasa di Pakistan sepertinya kurang lengkap jika tidak mengonsumsi samosa. Ini adalah makanan khas Pakistan yang punya bentuk menyerupai pastel dan biasanya diisi dengan kentang pedas, bawang bombay, kacang-kacangan, daging domba cincang atau daging sapi dan ayam cincang.

Bangladesh


Umat Muslim Bangladesh punya menu khas Ramadan yang mirip dengan India dan Pakistan seperti samosa, dal puri (penganan ringan dari roti goreng puri) dan jilapi (penganan manis seperti pretzel kering yang juga populer di Sri Lanka, Nepal dan Pakistan serta beberapa negara Timur Tengah. Selain itu, warga Bangladesh juga sering menyajikan minuman segar seperti rooh afza, yang memiliki beragam citarasa, dan sorbet lemon.